Training Trade Finance Payment Methods to Sendik BRI Yogyakarta - Liliana Halim Training Trade Finance Payment Methods to Sendik BRI Yogyakarta % %
Diary,  Perjalanan

Training Trade Finance Payment Methods to Sendik BRI Yogyakarta

Foto sebelum pulang

Halooo di tulisan kali ini saya akan membahas sedikit perjalanan ke Yogyakarta lagi yaitu ke Sendik BRI Yogyakarta, Gunung Merapi (Merapi Lava Tour dan Bunker Kaliadem) dan juga yang pastinya Candi Borobudur lagi. Pertama kali yang ada di pikiran sewaktu disuruh ikut ke Jogja lagi, dalam hati “Hah, seriusan nih ke Jogja lagi bulan ini.” Dan dengan sedikit berat hati karena di tanggal itu sebenarnya salah satu teman terbaik saya akan menikah saya wajib hadir dong tapi akhirnya saya okein deh ke Jogja (hitung – hitung cari pengalaman lagi kan nggak salah J)

Dimana tujuan perjalanan kali ini adalah mengikuti training yang diadakan oleh team BRI dan perusahaan tempat saya bekerja tentunya. Dengan membawa pakaian secukupnya, tiga baju (satu kaos biru dari Bank BRI, baju tidur dan baju ganti) serta dua celana, kami pun berangkat di hari Jumat, tanggal 21 Juli 2017, sepulang kerja jam 17.15 dengan masih memakai baju batik seragam (yang bermaksud hemat pakaian tetapi malah dicengin cinta banget sama batik kantor). Di bis sudah disediakan cemilan tentunya untuk mengganjal perut dan juga nasi kotak untuk makan malam yang isinya nasi padang lengkap beserta lauk dan sayurnya (gratis lho :p). Tetibaan di dalam perjalanan terpikirkan doi kemudian nyanyi “perjalanan ini terasa sangat menyedihkan, sayang engkau tak di sampingku (galau yeee…), jujur emang iya sih! Kalau jalan sama doi kan ada yang bawain barang – barang, ada yang nyuruh makan tepat waktu, ngajak ngobrol pastinya, nah ini susah payah gendong tas sendirian, makan ya makan aja sendiri, kalau lauknya kebanyakan dibuang hihi biasanya setengah porsi saya kasih doi. #curhat

Pukul 18.00 kita tiba di rest area KM 62 untuk istirahat sebentar, sholat dan juga numpang makan karena sudah dibagikan nasi kotak 😀 Setelah semuanya selesai kita pun melanjutkan perjalanan. Di perjalanan ini tidak banyak yang bisa diceritakan karena memang bisnya jalan terus dan kita juga harus sampai pukul 05.00 karena training dimulai pukul 09.00. Huhuhu.

Esoknya hari sabtu, tanggal 22 Juli 2017, sekitar pukul 04.15 dini hari kita sampai di Sendik BRI Yogyakarta (suasananya adeeem, lokasi masih gelap gulita sih). Untuk para peserta seharusnya tidur di asrama sedangkan saya sendiri ikut di Guest House bersama atasan saya di kantor. Hihi padahal saya ingin merasakan membaur bersama teman – teman tapi sayangnya saya di tempatkan di Guest House juga. Antara bahagia atau sedih yaaa? Setelah check in, pukul 04.30 kami pun sampai di Guest House, langsung ngecas HP, kabarin orang terdekat bahwa saya sudah sampai di lokasi. Mau tidur pun nggak bisa karena nggak enak masa saya sendirian tidur sementara yang lain sedang bercengkrama ngeteh – ngeteh cantik bersama, Bapak dan Ibu Supervisor dan juga ada Dept. Head FAD. Padahal kalau di asramanya anak – anak (teman – teman) pada enak pules tidur sih karena emang capek banget ya 11 jam perjalanan (Karawang – Yogyakarta).

Pukul 05.30 kita malah ngeluyur keluar untuk mencari sarapan, lokasinya persis di depan Sendik BRI ada yang jual bubur ayam, lontong sayur dan nasi uduk juga tapi ada info bahwa nanti sebelum training ada makan bersama jadi niat untuk sarapan pagi saya urungkan karena takut terlalu kenyang (baca : gendut). Hehe. Kemudian kita kembali ke Guest House untuk mandi dan bersiap – siap menuju lokasi training. Oh iya sebelum cari makan itu kita sempat foto – foto sebentar untuk wefie (lihat di bawah ya).

Cari sarapan pagi

Pukul 07.30 setelah beres mandi kita bersiap menuju lokasi training untuk sarapan terlebih dahulu, karena katanya kita belum diizinkan masuk dan sarapan duluan jadilah kita muter – muter sambil foto – foto juga. Tapi ga lama kita diperbolehkan masuk yang kayaknya sih ada miss komunikasi dengan penjaga makanya tadi kita belum diizinkan masuk. Setelah itu kita sarapan (menu sarapan cukup lengkap yaitu nasi goreng, ada gudeg, oreg tempe, telor dadar, ayam kecap, dsb) lalu kita kembali ke Guest House untuk ambil tas serta perlengkapan training dan balik lagi untuk mulai sesi training yang dimulai pukul 09.00 – 13.00 yang membahas tentang Special LC, Document Checking, Marin Cargo & Incoming TT.

Di awal training dijelaskan apa itu TTBS, LC dan instrumen pembayaran lainnya, flow chart mengenai pembayaran mulai dari proses order sampai customer terima barangnya dan bagaimana dokumen tersebut diterima oleh customer. Lengkap deh nanti akan saya bahas di blog ini juga yaa. Terima kasih khususnya untuk Bank BRI yang telah memberikan kesempatan untuk kami mengikuti training mengenai Trade Finance Payment and Document Transport tentunya sangat bermanfaat untuk menambah ilmu dan wawasan.

Pukul 13.00 setelah training setelah kita kembali ke Guest House untuk makan siang terlebih dahulu dan bersiap ke destinasi selanjutnya : Gunung Merapi (yeayyy, padahal rada takut denger mau ke Gunung Merapi yang pernah meletus itu kan?). Disini saya dan peserta training lainnya masih seragaman memakai kaos biru yang diberikan oleh Bank BRI. Tidak ada persiapan khusus atau pakaian khusus karena di Itinerary tidak disebutkan akan ke Gunung Merapi L untungnya saat itu saya pakai sepatu tali bukan pantofel dan membawa satu jaket yang saya pakai kemana – mana selama perjalanan ke Jogja itu L

Pukul 14.30 kita sampai di Gunung Merapi dan bersiap naik ke mobil Jeep untuk memulai Wisata Jeep Lava Tour Merapi, pertama kali pengalaman naik Jeep, teriak – teriak bersama Mba Indah, Bu Rita dan Pak Indra hahaha sungguh pengalaman yang menakjubkan, oh iya di tujuan tour ini kita melihat lokasi rumah – rumah penduduk bekas terjadinya bencana gunung meletus pada tahun 2010 lalu (Stone Henge, The Lost World) dan juga ke Bunker Kaliadem yang mana dulu waktu terjadi bencana gunung meletus ini ada dua mahasiswa yang terjebak dan kemudian sembunyi ke bunker ini tetapi sayangnya mereka bersembunyi ke tempat yang salah. Deep condolences and feel respect for them. Untuk harga Lava Tour Merapi ini ada tiga harga sesuai rutenya (harga 2017, satu mobil jeep bisa muat untuk empat orang) :

• Rute pendek : Rp. 350,000.00 / jeep
  • Rute menengah : Rp. 450,000.00 / jeep
  • Rute panjang : Rp. 650,000.00 / jeep

Seteleh selesai kita kembali ke parkiran bis untuk kembali ke Sendik BRI. Pukul 18.00 kita bersiap kembali untuk menikmati santapan malam di Hotel Tentrem yang dulu pernah disinggahi Barack Obama. Disini ngerasa saltum banget karena memang saya tidak membawa banyak baju jadi hanya memakai kaos hitam, celana jeans dan sandal jepit! Bahkan kosmetik pun hanya sekedar membawa pelembab wajah, bedak dan lipstik. L

Setelah mencicipi berbagai menu makanan, kita pun menuju ke Malioboro untuk night shopping. Berhubung saya udah tau dan ga bisa nawar belanja disitu (dulu mah ada doi yang siap siaga tawar menawar), akhirnya saya putuskan untuk tidak belanja (padahal besoknya belanja di Borobudur wkwkw), jadi saya mengikuti Mba Tina, Mas Ferry, Mas Agung, Danny menuju angkringan yang dulu pernah saya tuju sama doi. Kan kangen kan. Pukul 23.00 kita semua menuju bis dan kembali ke Sendik BRI untuk beristirahat di hari terakhir dan esoknya pulang ke Karawang.

Hari minggu, 23 Juli 2017 pukul 06.00 kita semua bersiap dan mandi untuk menuju kembali ke Karawang tetapi mampir ke Candi Borobudur terlebih dulu. Oh iya menu sarapan pagi yang disediakan kali ini lebih enak, tepatnya tidak cenderung manis. Hihi, ada nasi kuning, tempe teri balado, telor dadar, telor kecap, ayam goreng, dsb. Sekitar pukul 10.30 kita semua sampai di lokasi Candi Borobudur, akhirnya saya berkesempatan untuk naik dan berkeliling ke Candi Borobudur ini karena sebelumnya saat waisakan, Candi Borobudur ditutup untuk umum (tidak diperbolehkan naik ataupun masuk). Setelah puas berkeliling dan berswafoto akhirnya kita menuju pusat oleh – oleh, membeli daster dan titipan teman – teman. Setelah puas berbelanja kita pun berkumpul menuju restoran Sekar Kedhaton yang menyediakan makanan khas jawa dengan suasana berinterior khas jawa tradisional. Akhirnya kita berpisah dengan team BRI disini, dimana kita akan langsung kembali ke Karawang.

Hari senin, 24 juli 2017 kita sampai di rest area KM 101 sekitar pukul 03.00 kemudian mandi di rest area tersebut dengan suasana dingin – dinginnya, selesai mandi dan ngopi – ngopi cantik kita langsung menuju kantor dan pukul 05.30 kita pun sampai di kantor, di sela waktu itu saya manfaatkan waktu untuk tidur supaya siangnya tidak terlalu ngantuk.

P.s : terima kasih team BRI sudah mengizinkan kami semua untuk mengikuti training dan memberikan pengalaman yang berharga. Semoga di lain waktu ada kesempatan lagi untuk mengikuti training tersebut. Xixixi.