Tips menyiasati agar tidak terlalu boros belanja online - Liliana Halim Tips menyiasati agar tidak terlalu boros belanja online % %
Diary,  Finansial

Tips menyiasati agar tidak terlalu boros belanja online

 
Ilustrasi jualan online
 
Dewasa ini semakin banyak platform toko online yang bermunculan dan mengiming-imingi berbagai promo salah satunya dengan subsidi ongkir atau lebih kita kenal dengan FREE ONGKIR. Salah satu platform yang pernah saya kunjungi, menyediakan gratis ongkir jika kita berbelanja di toko tersebut dengan mininal pembelanjaan Rp. 90,000.00 untuk jasa pengiriman dengan J&T dan Rp. 120,000.00untuk jasa pengiriman dengan JNE. Tetapi sayangnya jika kita berbelanja barang di dua toko yang berbeda kita akan dikenakan dua atau tiga kali ongkir sesuai toko yang kita pilih. Ah sayangnya, padahal tidak semua toko menyediakan barang yang sama dan ingin kita beli sekaligus, tentu kita tidak hanya belanja bedak, terkadang untuk menghemat ongkir dan mendapatkan FREE ongkir tersebut kita belanja beberapa barang lagi agar mencukupi batas minimal pembelanjaan. Tentunya ini jauh dari kata penghematan bukan?
 
Lain lubuk lain belalang, lain pula kategori free ongkir di platform toko online sebelah, di platform toko online dengan marketplace terbesar di Asia Tenggara ini selain bisa COD-an, cukup dengan berbelanja minimal Rp. 50,000.00 dan kita akan mendapatkan free ongkir. Baru kemarin saya coba untuk membeli masker wajah dengan harga Rp. 30,000.00 dan saya cukup membayar ongkir hanya Rp. 3,000.00, cukup murah  bukan? Mengingat saya hanya membeli masker yang harganya tidak seberapa. Oya masker yang saya beli itu dari dua toko yang berbeda, tetapi saya lihat masing-masing barang tersebut disediakan oleh pihak platform online tersebut (mungkin ada di gudang dan mereka yang kirimkan) sehingga saya cukup bayar untuk satu ongkir. Dan belum lama ini saya juga mendapatkan email bahwa platform yang dulunya belum menyediakan free ongkir sekarang ikut menggalakkan promo free ongkir. Yah makin banyak toko online yang menyediakan subsidi ongkir, tinggal kita yang pintar-pintar memilih sesuai kebutuhan dan kantong kita tentunya.
 
Oke lanjut setelah pembahasan gratis ongkir disini saya akan memberikan tips bagaimana agar tidak kebablasan berbelanja online. Saya akui, saya sendiri belum bisa mentaati aturan ini karena semenjak saya menginstall salah satu platform online tersebut, jika tanggal gajian tiba terkadang saya iseng dan malah tertarik untuk mencari barang yang saya inginkan padahal tidak terlalu saya butuhkan. Ceritanya, saya memang sedang mencari baju batik untuk ganti karena sekarang kantor saya mengharuskan memakai baju batik di hari jumat. Menambah pengeluaran tentunya, kemudian saya mencari baju batik dengan kategori harga diantara Rp. 50,000.00 – Rp. 100,000.00, sudah ketemu dan saya masukkan keranjang tiba-tiba di bawah muncul online shop lain yang menawarkan batik dengan harga lebih murah, akhirnya saya tergiur dan malah klik toko tersebut serta membeli dua baju batik dengan harga Rp. 20,000.00 saja (total 50,000.00, ongkir Rp. 10,000.00). Beberapa hari kemudian barang pun tiba, ada harga tentunya ada kualitas, ternyata salah satu bahan batik tersebut kurang enak dan kurang nyaman, mungkin karena harganya yang cukup murah? Saya pun tidak bisa komplain dong, karena harga barang ya sesuai dengan kualitas barang. Huhuhu. 
 
Berikut tips dari saya sendiri untuk menyiasati agar tidak boros untuk berbelanja online :
  1. Jangan install platform-platfotm toko online jika tidak berniat untuk beli barang dalam waktu dekat, karena biasanya kita akan tergiur dengan harga diskon atau harga murah padahal barang tersebut tidak kita butuhkan.
  2. ‎Jika memang kita sedang membutuhkan suatu barang, belilah sesuai kebutuhan dan abaikan keinginan kita karena sejatinya diskon akan selalu ada agar menarik pembeli tentunya.
  3. Tetapkan budget bulanan jika memang belanja online adalah suatu rutinitas, ingat jangan belanja diluar batas budget.
  4. ‎Jangan tertarik dengan adanya free ongkir karena terkadang ada beberapa toko yang menaikkan harga barangnya terlebih dahulu kemudian memberikan kita free ongkir.
  5. Selalu check and recheck di setiap platform toko online, pilihlah barang yang berkualitas dengan harga terjangkau, jangan tertipu dengan harga murah tetapi kualitas kurang baik.
Baca Juga :  Pengalaman Dermaroller Sendiri di Rumah

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *