Ruang Lingkup Bisnis - Liliana Halim Ruang Lingkup Bisnis % %
Uncategorized

Ruang Lingkup Bisnis

Pengertian bisnis :

Pengertian bisnis adalah suatu usaha memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat luas dengan motif mencari keuntungan atau tidak. Manusia bisnis adalah orang yang mampu melihat kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba melayani secara baik sehingga masyarakat menjadi senang dan puas.

Jenis bisnis :

-bisnis berbasis social: segala suatu usaha yang tidak  mencari keuntungan secara ,materil .

Cth :usaha koperasi , penyuluhan di bidang kemasyarakatan,agama,kesehatan.

-bisnis berbasis komersil (mencari keuntungan):segala suatu usaha yg tujuan nya mencari keuntungan

Cth :perdagangan umum , jasa kontraktor ,

Tujuan Kebijakan Bisnis:

– Melindungi usaha kecil, menengah membantu memberikan dana dengan adanya pinjaman-pinjaman yang diberikan dari bank-bank pemerintah dan melindungi usaha dalam negeri sehingga kita tidak harus import dari luar karena adanya usaha-usaha kecil ini.

– Melindungi lingkungan hidup sekitar kebijakan bisnis juga dapat meningkatkan lapangan kerja masyarakat sekitar, karena pengaruh perusahaan-perusahaan yang akan didirikan disuatu tempat akan membutuhkan banyak tenaga kerja.

– Melindungi konsumen dalam memberikan pelayanan dalam hal keamanan kebijakan bisnis dapat memberikan informasi yang jelas mengenai produk-produk yang beredar dipasaran.

– Pendapatan pemerintah melalui kebijaksanaan-kebijaksanaan fiscal dan moneter yang berdampak pada investasi, tabungan apapun peningkatan mutu produksi melalui usaha-usaha yang dapat meningkatkan produktivitas tenaga kerja, dan mendapatkan yang dihasilkan dari NPWP atau pajak penghasilan.

Pengertian dan Penjelasan Sistem Perekonomian :

Sistem perkonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut

Baca Juga :  Manajemen Sumber Daya Manusia

Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam

beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua factor tersebut di pegang oleh pemerintah.

Jenis sistem perekonomian :

Sistem Perekonomian Kapitalisme yaitu sistem ekonomi yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan menjual barang dan sebagainya. Dalam sistem perekonomian kapitalis,semua orang bebas bersaing dalam bisnis untuk memperoleh laba yang sebesar besarnya.

-Sistem Perekonomian Sosialisme,yaitu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi, tetapi dengan campur tangan pemerintah.Pemerintah masuk ke dalam perekonomian untuk mengatur tata kehidupan perekonomian negara serta jenis jenis perekonomian yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara.

Sistem Ekonomi Merkantilisme, yaitu suatu sistem politik ekonomi yang sangat mementingkan perdagangan internasional dengan tujuan memperbanyak aset& modal yang dimiliki negara.

-Sistem Perekonomian Fasisme, yaitu paham yang mengedepankan bangsa sendiri dan memandang rendah bangsa lain, dengan kata lain, fasisme merupakan sikap rasionalism yang berlebihan.

Pengertian Sistem pasar :

System ekonomi pasar (system ekonomi liberal ) adalah system yang menyerahkan jawaban permasalahan ekonomi seluruh nya kepada pasar .dalam system ekonomi pasar ,system harga , dan laba sangat menentukan jawaban terhadap pertanyaan apa , bagaimana ,dan untuk siapa orang yang ingin mendapatkan laba haruslah menguasai pasar dengan mengendalikan teknologi yang maju dan harga yg tinggi .

Baca Juga :  Jasa Pembuatan Website

System ini cenderung membuat suatu monopoli dan persaingan tidak sehat . individu cenderung menggunakan segala cara untuk memperoleh keuntungan dan kekayaan . perusahaan perusahaan bersaing sangat bebas karena peranan pemerintah sama sekali tidak ada .

Jenis jenis sistem pasar  :

-Pasar persaingan sempurna (perfect market competition )

Pasar persaingan sempurna di sebut juga pasar kompetitif(competitive market ) .ciri ciri pokok pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut :

a)penjual dan pembeli sangat banyak

dalam pasar persaingan sempurna pengaruh individual terhadap penentuan harga relative kecil .dengan demikian ,penjual individu tidak mempunyai pengaruh terhadap harga jual mereka karena harga tersebut di tentukan oleh permintaan dan penawaran .

b )produk homogen (serba sama)

dalam pasar persaingan sempurna produk yang di tawarkan oleh para penjual yang saling bersaingadalah identik . artinya ,produk tersebut secara fisik sama dan menurut anggapan consumen semua produk tersebut serba sama antara satu dengan lain nya .

c)pasar bebas untuk di masuki dan di tinggalkan

oleh karena seorang produsen/penjual hanya menghasilkan sebagian kecil saja dari barang/jasa yang di tawarkan ,maka produsen dapat saja meninggalkan pasar dengan mudah atau memasukinya kembali

-pasar oligopoli

Oligopoli adalah salah satu bentuk struktur pasar dimana hanya terdapat beberapa produsen atau sedikit perusahaan saja yanag menjual produk-produk yang identik atau yang mirip satu sama lain .

-pasar pasar monopoli

Monopoli adalah struktur pasar dimana hanya terdapat satu penjual atau produsen yang melayani sedemikian banyak pembeli atau konsumen . monopoli merupakan bentuk ekstrem dari struktur pasar selain bentuk persaingan sempurna ,Namur jira persaingan sempurna sulit di temukan ,monopoli lebih mudah dan cukup banayk pelaku nya di indonesia .

Baca Juga :  Alasan Deactive Sementara Facebook dan Instagram

-pasar persaingan monopolistik (monopolistic competition )

Pasar persaingan monopolistik adalah struktur pasar dengan banyak produsen yang menjual produk yang kurang lebih sama , tetapi dengan berbagai macam variasi .

Kesempatan bisnis/usaha :

Peluang dalam usaha yang di dapat dalam masyarakat untuk di kembang kan pada niaga/perdagangan yg baik menguntungkan baik yang di jalan kan oleh individu , perseroan , atau komanditer .

Unsur unsur penting dalam aktivitas ekonomi :

-ada nya kegiatan usaha

-adanya permintaan dan penawaran

-adanya putaran uang

Hakikat bisnis :

Hakikat bisnis adalah Menpelajari secara keseluruhan pola tata sistem perekonomian dalam berniaga

Mengapa belajar bisnis ?

Berbisnis memerlukan keahlian, talenta, dan kebiasaan. Keahlian diperlukan karena tidak ada orang yang dapat mengusai semuanya

Jika ingin mendalami bisnis, belajarlah dari pebisnis sejati, orang-orang yang bergelut dalam bisnis, dan memiliki keahlian dan sukses berbisnis di bidang tersebut.Itulah mengapa, belajar bisnis itu penting dipraktekkan, karena akan banyak pengetahuan lain yang dapat diperoleh dalam perjalanan menggeluti bisnis.

LINK SUMBER :

nizsadynda blog’s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *