Review Aplikasi FatSecret (Hitung Kalori dengan Mudah) - Liliana Halim Review Aplikasi FatSecret (Hitung Kalori dengan Mudah) % %
Kesehatan,  Review,  Teknologi

Review Aplikasi FatSecret (Hitung Kalori dengan Mudah)

Halo di tulisan kali ini saya mau mereview aplikasi FatSecret, aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui atau menghitung jumlah kalori yang telah masuk ke dalam tubuh kita atau dengan kata lain kita bisa memonitor asupan makanan kita sehari – hari. Pada dasarnya aplikasi ini digunakan untuk orang yang menjalankan diet berbasis kalori. Sehingga akan membantu kita dalam menjalankan misi menurunkan berat badan (menambah atau mempertahankan juga ada loh).

 

Oh iya pertama kali saya dapatkan informasi aplikasi ini dari Youtube kak Yulia Baltschun. Aplikasi ini bisa kita unduh melalui Play Store untuk Android dan App Store untuk iPhone. Sebelum menggunakan aplikasi tersebut ada baiknya kita mengetahui Angka Kecukupan Gizi (AKG) kita sendiri, sebenarnya diaplikasi ini juga bisa tetapi saran kak Yulia Baltschun kita bisa browsing terlebih dahulu di web bodybuilding.com karena website tersebut lebih akurat daripada web lainnya maupun di aplikasi FatSecret ini.


Caranya :

Buka link ini » Body Building Calculator

Kemudian lihat tab Calorie Calculator.

Kita isikan data sebagai berikut.

– Umur : 

– Jenis Kelamin :

– Tinggi Badan : pilih meters, contoh : tinggi badan kita adalah 155 isi meters dengan 1 dan centimeters dengan 55.

– Berat Badan : pilih kilograms, isi berapa BB kalian.

– Goal (apa yang ingin kalian raih) :

√ Fat Loss

√ Maintenance

√ Muscle Gains

(Karena saya ingin mengurangi berat badan maka saya pilih Fat Loss)

– Activity Level (apakah kerjaan kita aktif dan sering berolahraga atau kerja kantoran dan jarang berolahraga) :

● Lightly active (moderate exercise but sedentary job)

● Moderately active (intense exercise but sedentary job)

● Very active (moderate exercise and active job)

● Extra active (intense exercise and active job)

Kemudian pilih Calculate dan hasil AKG saya adalah 1200 calories.

Sampai disini kita bisa melanjutkan menggunakan aplikasi FatSecret. Jika kalian pengguna baru ikuti langkah – langkahnya,dan isi sesuai data pribadi kalian.

Untuk mengganti AKG, pilih tab yang bergaris tiga, lalu pilih Pengaturan dan ganti  AKG kalian dengan mengisi data – data yang diminta kemudian kalian ganti nilai AKG sesuai yang tertera di web Body Building (atau bisa mengikuti angka pada FatSecret). Yuk kita lanjut lagi, tahap selanjutnya mari kita isi menu makanan apa saja yang sudah kita makan hari ini?

» Pilih tambah pada Makan Pagi

Karena tadi pagi saya makan batagor maka saya isikan batagor ganti menjadi 1 porsi ya.

» Pilih tambah pada Makan Siang

Karena tadi siang saya makan nasi putih, fuyunghai dan tahu goreng maka saya isi sbb.


» Pilih tambah pada Makan Malam

Karena malam ini saya makan nasi putih dan tumis kangkung maka saya isi sbb juga.


Tidak lupa untuk cemilannya diisi juga ya.

» Pilih tambah Camilan/Lainnya

Karena tadi di kantor saya ngemil roti dan malam ini saya makan asinan maka saya isi juga.

Sebenarnya sih bukan Sari Roti tapi yang mendekati cuma itu yaudah mari kita tambah.

Dan hasilnya hari ini saya sudah mengkonsumsi kalori sebanyak 1224 (102% dari target). Hari pertama kelebihan 24 dari nilai AKG saya seharusnya, karena baru nyobain 😀 Tapi di hari kedua saya coba, saya hanya mengkonsumsi 858 kalori (72% dari target), hari ketiga ini konsumsi kalori saya hanya 812 (68% dari AKG) jadi dengan menggunakan aplikasi ini saya bisa mengontrol juga memonitor makanan apa yang masuk ke tubuh saya sehingga saya tidak asal makan ini makan itu (kebablasan lebih tepatnya). Semoga bisa sampai seterusnya, supaya bisa menuju target saya yaitu 45 kilogram. 50 dulu deh gapapa 😀

 

Oh iya selain digunakan untuk mencatat makanan sehari – hari, mengetahui berapa banyak kalori yang sudah masuk ke dalam tubuh per hari, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mencatat latihan dan mencatat berapa banyak kalori yang sudah dibakar, bisa juga bertukar foto makanan antar sesama pengguna aplikasi, bertukar menu diet yang sehat sehingga memotivasi kita juga mengetahui resep masakan, tips – tips olahraga, workout apa saja yang bisa kita lakukan agar diet kita berhasil, tentunya masih banyak lagi manfaat yang diperoleh. Tapi menurut saya kuncinya sih harus konsisten! Jangan cuma install aplikasi aja tapi ternyata tidak mengikuti aturannya. Contohnya mau diet supaya berat badan turun tapi yang dimakan segala macem, olahraga pun males, yah gimana mau berkurang berat badan kita? Lalu mau naikin berat badan dengan banyakin kalori tapi ternyata makannya juga asal – asalan. Percuma juga kan? Sekian review dari saya mengenai aplikasi FatSecret. Semoga semakin semangat mengontrol makanan karena kalau bukan diri sendiri yang menjaga, siapa lagi yang mau bertanggung jawab? 😛 Stay healthy and be happy.

Baca Juga :  Pengalaman menggunakan Jasa Pengiriman JTR (JNE Trucking)

6 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *