Resep Membuat Melted Pao SKIPPY® Peanut Butter - Liliana Halim Resep Membuat Melted Pao SKIPPY® Peanut Butter % %
Cemilan,  Resep,  Sarapan

Resep Membuat Melted Pao SKIPPY® Peanut Butter

Bakpao merupakan makanan tradisional yang berasal dari Tiongkok dan terus berkembang di Indonesia maupun negara – negara lain. Asal mula sebutan bakpao berasal dari kata ‘bak’ dan ‘pao’, ‘bak’ memiliki arti daging sedangkan ‘pao’ berarti bungkusan sehingga arti bakpao bisa kita sebut daging yang dibungkus. Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan bakpao sekarang tidak hanya berisi daging saja, beberapa penjual bakpao juga melakukan inovasi dari rasa maupun bentuk yang bertujuan agar bakpao tetap eksis di pasaran. Saya yang termasuk penyuka bakpao cenderung lebih suka bakpao bulat berwarna putih dibanding bakpao warna lain atau bentuknya yang bermacam – macam.

Selain bakpao isi daging, biasanya kita juga menemukan bakpao isi coklat, bakpao kacang hijau, bakpao kacang hitam (tausa) dan saat ini giliran saya mencoba membuat bakpao isi selai kacang menggunakan SKIPPY® Peanut Butter. Dengan isian selai SKIPPY® Peanut Butter ini sangat cocok bagi kalian yang tidak suka daging atau bosan dengan varian rasa lainnya. Selain rasanya yang enak dan mudah didapatkan juga, selai skippy ini merupakan selai kacang favorit ayah saya sejak dahulu loh, beliau lebih suka makan roti menggunakan selai kacang dari skippy. Hihi. Jadi kami sekeluarga selalu merekomendasikan SKIPPY® Peanut Butter jika mencari selai kacang.

Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Nugget Ayam Wortel

Jadi, apa saja resep dan bagaimana caranya membuat bakpao isi selai kacang dengan SKIPPY® Peanut Butter? Yuk kita lihat resep berikut :

Melted Pao SKIPPY® Peanut Butter

Bahan A :

100 gram tepung terigu (saya gunakan tepung terigu protein tinggi)

100 gram gula pasir

150 cc air hangat

1 sachet ragi instan

Bahan B :

300 gram tepung tepung terigu

1 sdt baking powder

2 sdm mentega putih

Bahan isi :

SKIPPY® Peanut Butter

Cara membuat :

Olah bahan A terlebih dahulu dengan mencampur gula pasir dan ragi instan menggunakan air hangat yang sudah kita siapkan. Aduk hingga benar – benar larut. Lalu tambahkan tepung terigu kemudian aduk rata, diamkan selama 15 menit.

Selanjutnya sambil menunggu kita bisa menyiapkan bahan B, campur tepung terigu dengan baking powder dan mentega putih. Kemudian campurkan bahan A dan bahan B menjadi satu, aduk dan uleni adonan hingga kalis dan tidak lengket ditangan. Sambil menunggu adonan kalis, kita bisa menyiapkan kertas roti untuk dipotong menjadi beberapa bagian. Kertas roti ini gunanya sebagai alas agar adonan tersebut tidak lengket pada saat dikukus.

Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Rebusan Air Jahe

Setelah adonan kalis, letakkan adonan di mangkuk besar dan tutup mangkuk tersebut dengan kain lap yang dibasahi tujuannya agar adonan tersebut tidak kering saat difermentasi. Diamkan adonan sekitar 30 menit sampai dengan adonan tesebut mengembang. Jika sudah mengembang, kempeskan adonan dan biarkan selama 15 menit lagi hingga mengembang kembali dan adonan pun siap untuk diolah menjadi bakpao.

Sebelum mengisi bakpao tersebut jangan lupa untuk membagi menjadi beberapa bagian terpisah. Untuk mengisinya ambil satu bagian adonan, pipihkan lalu isi dengan selai SKIPPY® Peanut Butter takarannya bisa disesuaikan dengan selera kalian, kemudian rekatkan bagian pinggirnya menjadi satu hingga membentuk bola (bulat) atau bisa juga kalian bentuk seperti bunga. Letakkan diatas kertas roti yang sudah kita potong – potong, kemudian setelah selesai memberi isian beri waktu jeda sekitar satu jam hingga adonan mengembang kembali (jangan lupa tetap menutupnya dengan kain lap basah) dan baru saatnya mengukus adonan. Gunakan api sedang agar panasnya stabil dan merata sehingga tidak membuat adonan hancur. Oh iya pada saat mengukus lapisi tutup panci dengan kain lap agar uap air yang biasanya membasahi tutup tidak jatuh ke bakpao dan mempengaruhi penampilannya. Kukus selama 10 menit dan hidangkan bakpao selagi panas agar kita bisa menikmati selai kacang dalam bakpao yang meleleh dan ini menjadi salah satu alasan mengapa bakpao buatan saya dinamakan Melted Pao SKIPPY® Peanut Butter 🙂

Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Cilok Kuah Pedas Manis
Maafkan bentuknya masih belum rapi 🙂

Sebagai info juga, bakpao isi selai skippy ini bisa dihangatkan untuk dimakan esok hari loh, kita cukup mengukusnya kembali dan jika selai skippy terasa masih kurang bisa kalian oles juga diatas pao tersebut. Nyummy… 🙂

Sekian resep membuat bakpao isi selai kacang SKIPPY® Peanut Butter, semoga bisa bermanfaat untuk teman – teman yang ingin mencoba berkreasi.

Disclaimer : Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *