Resep dan Cara Membuat Cilok Kuah Pedas Manis - Liliana Halim Resep dan Cara Membuat Cilok Kuah Pedas Manis % %
Cemilan,  Resep

Resep dan Cara Membuat Cilok Kuah Pedas Manis

Sore yang cerah ini terasa nikmat kalau cemilannya adalah cilok kuah pedas dan manis tentunya! Berhubung hari ini libur kerja, kegiatan dari siang cuma mantengin laptop jadinya sore ini langsung berinisiatif mau bikin cilok tapi bumbunya kuah pedas manis. Bosen kan kalau bumbu kacang terus ya? Hihi. Bikin cilok ini ga mesti persiapin bahan macem – macem kok, yang penting niat dulu buat bulet – buletin soalnya kan lumayan bukan cuma lima sampai sepuluh buah.

Pertama siapkan bahan – bahan sebagai berikut :

Bahan Cilok

2 siung bawang putih, haluskan

1 buah daun seledri (sesuai selera)

100 gram tepung terigu

150 gram tepung kanji

1 sdm minyak sayur

Baca Juga :  Cara Membuat Telur Asin Sendiri di Rumah

Garam secukupnya

Penyedap secukupnya

Lada bubuk secukupnya

Air secukupnya

Bahan Kuah

2 siung bawang putih

6 buah cabai merah

1 sdm minyak sayur

1 buah jeruk limau

Garam secukupnya

Gula putih secukupnya

Air secukupnya

Cara membuat :

Jika kita sudah mempersiapkan semua bahan seperti di atas kini saatnya mengolah. Tumis bawang putih kemudian tambahkan air secukupnya kurang lebih 300 ml, masukkan daun seledri yang sudah kita potong kecil – kecilnya, tambahkan garam dan lada bubuk secukupnya, tunggu hingga air mendidih dan masukkan tepung terigu. Matikan api. Kemudian setelah itu masukkan tepung kanji ke adonan dan uleni hingga terasa tidak lengket di tangan. Bentuk cilok sesuai dengan ukuran yang kita inginkan.

Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Rebusan Air Jahe

Setelah cilok sudah dibentuk kini saatnya merebus cilok, ambil panci dan rebus air secukupnya, tambahkan sedikit minyak agar cilok tidak lengket pada saat diangkat. Setelah mendidih, masukkan cilok yang sudah dibentuk, kita tunggu sampai cilok tersebut naik ke permukaan dan matikan api. Tiriskan.

Terakhir, saatnya membuat kuah cilok. Haluskan semua bahan yaitu bawang putih dan cabai merah. Setelah bumbu dihaluskan kemudian kita tumis hingga harum dan tambahkan air, garam dan gula putih secukupnya. Tunggu hingga mendidih dan matikan api. Potong jeruk limau sebagai penambah rasa asam di kuah cilok. Cilok kuah pedas pun siap untuk dihidangkan.

Kuah Cilok Pedas Manis

Cara membuat cilok ini cukup mudah bukan untuk dipraktekkan? Dan tidak perlu waktu lama untuk menyiapkannya, kurang lebih 60 menit cilok sudah siap untuk disantap. Cilok kuah pedas ini pun bisa disantap sebagai salah satu menu berbuka puasa nanti loh, tapi sebaiknya jangan gunakan jeruk limau jika tidak ingin sakit perut.

Baca Juga :  Resep Membuat Melted Pao SKIPPY® Peanut Butter

Terima kasih telah mampir kesini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *