Resep dan Cara Membuat Sayur Asem - Liliana Halim Resep dan Cara Membuat Sayur Asem % %
Makan Siang,  Resep

Resep dan Cara Membuat Sayur Asem

Salah satu menu yang selalu ditunggu bagi pecinta masakan lokal adalah sayur asem karena sayur dengan kuah segar yang cocok kita nikmati siang hari merupakan sayur yang cukup mudah untuk dibuat dan bahan – bahannya mudah didapatkan. Untuk menikmati sayur asem bisa disajikan bersamaan dengan tahu tempe goreng, ikan pindang maupun ayam goreng tentunya tidak lupa sambal terasi dan ikan asin. Berikut ada bahan – bahan untuk membuat sayur asem :

Untuk membuatnya, pertama potong semua bahan C seperti kacang panjang, labu siam, jagung manis, terong, nangka muda, cuci bersih.

Setelah menyiapkan bahan C selanjutnya menghaluskan bumbu – bumbu seperti tertera di bahan A : 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 buah cabai merah.

Baca Juga :  Cara Membuat Telur Asin Sendiri di Rumah

Setelah bumbu dihaluskan rebus air kurang lebih 1000 ml, masukkan semua bumbu (bahan A) yang sudah kita haluskan tadi beserta bahan yang masaknya agak lama seperti jagung, melinjo dan kacang tanah.

Masukkan bumbu – bumbu pada bahan B : lengkuas, daun salam, asam, gula merah, gula pasir dan garam.

Tunggu hingga mendidih dan masukkan sayur – sayuran (bahan C) seperti kacang panjang, labu siam, terong, nangka muda dan daun melinjo, jika dirasa bumbunya masih kurang bisa tambahkan gula atau garamnya sesuai selera.

Setelah semua matang, angkat dan sajikan.

Cukup mudah kan teman – teman untuk membuat sayur asem? Sayur asem kini bukan hanya menjadi makanan daerah Sunda tetapi sebagian besar restoran – restoran di beberapa daerah di Indonesia sudah menyajikan menu sayur asem, tetapi sayangnya saya pribadi menyukai sayur asem yang ada di tanah Sunda, mungkin karena sedari kecil sudah dibiasakan makan sayur asem disini sehingga ketika makan sayur asem di luar daerah rasanya kurang nikmat.

Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Cilok Kuah Pedas Manis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *