Pengertian Perusahaan dan Apa Saja Lingkungan Perusahaan - Liliana Halim Pengertian Perusahaan dan Apa Saja Lingkungan Perusahaan % %
Uncategorized

Pengertian Perusahaan dan Apa Saja Lingkungan Perusahaan

Pengertian Perusahaan Adalah suatu unit kegiatan yang terorganisir dalam melakukan kegiatan produksi,distribusi barang atau jasa kepada masyarakat untuk memenihi kebutuhan masyarakat itu sendiri juga agar memperoleh laba bagi perusahaan itu sendiri.

 
II. Tempat dan Kedudukan Perusahaan
Tempat kedudukan perusahaan adalah kantor pusat dan letak perusahaan adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik atau pabrik yang dipengaruhi oleh faktor ekonomi yang berkaitan dengan biaya.
 
Letak perusahaan dibedakan menjadi 4, yaitu :
• Terikat pada alam adalah agar efisien dan mempersingkat waktu untuk pengambilan bahan baku karena letaknya yang dekat dengan sumber bahan baku.
Contoh : Perusahaan batubara
 
.• Terikat sejarah
Perusahaan menjalankan aktivitasnya di suatu daerah tertentu karena hanya dapat di jelaskan berdasarkan sejarah. Contoh : Perusahaan batik Pekalongan
 
.• Ditetapkan oleh pemerintah
Perusahaan didirikan atas dasar pertimbangan, keamanan, politik dan kesehatan yang kiranya dapat merugikan kehidupan sekitar perusahaan. Contoh : Perusahaan kimia, pembuangan limbahnya jauh dari pemukiman warga sehingga tidak ada yang dirugikan oleh efek limbah tersebut
.• Dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi yang bersifat industri adalah ketersediaan bahan mentah, tenaga air,tenaga kerja, modal, transportasi, kedekatan dengan pasar, dankesesuaian iklim.
 
 
III. Perusahaan dan lembaga sosial perusahaan adalah suatu unit yang melakukan kegiatan penyediaan barang atau pelayanan jasa bukan hanya sekedar mencari keuntungan namun juga bertujuan untuk memebuka kesempatan kerja dalam pengabdiannya kepada masyarakat.
Tujuan Pendirian Perusahaan:
• Tujuan ekonomis untuk mempertahankan eksistensinya perusahaan
Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas, pelanggan (inovatif).
• Tujuan sosial perusahaan untuk memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia, factor-faktor produksi, maupun masyarakat luas.
 
Perusahaan Sebagai Suatu Sistem adalah gabungan dari unit unit yang saling keterkaitan dalam satu wadah dengan satu tujuan tertentu.
Sistem perusahaan
§  dari pemilik modal melakukan  pengelolaan keuangan dan kemajuan perusahaan
§  Kepada lembaga peneliti membantu pendanaan
§  Kepada pekerja membayar gaji dan memenuhi fasilitas kerja
§  Kepada konsumen menyediakan B&J yang bagus.
§  Kepada pemerintah membayar pajak
 
 
Sifat Sistem Perusahaan
•  Kompleks
§  Sebagai suatu kesatuan / unit
§  Sifatnya beragam
§ Saling tergantung
§  Dinamis
 
Fungsi-fungsi Perusahaan
.• Fungsi operasi Pembelian dan produksi :
pemasaran, keuangan, personalia, akuntansi, administrasi, teknologi  informasi, transformasi dan komunikasi, pelayanan umum,
•  Fungsi manajemen
Perencanaan, pengorganisasian, pengarah, pengendalian.
 
Ciri – ciri umum perusahaan :
§  Operatif
§  Koordinatif
§  Regular.
§  Dinamis
§  Formal
§  Pelayanan Bersyarat
 
Lingkungan perusahaan dan pengaruhnya terhadap perusahaan :
1.       Lingkungan Eksternal
 
Lingkungan eksternal makro  tidak berpengaruh langsung dampaknya terhadap perusahaan. Contoh : keadaan alam, SDA, lingkungan SDA, lingkungan politik dan hankam, hukum, perekonomian,  pendidikan dan kebudayaan, sosial, hubungan internasional.
– Lingkungan eksternal mikro berpengaruh langsung dampaknya terhadap perusahaan. Contoh : Pemasok / supplier Perantara, Teknologi, Pasar,
 
2.       Lingkungan Internal
Adalah factor – faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi. Contoh : Tenaga kerja, Peralatan dan mesin, Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana), Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan, Sistem informasi dan administrasi.
Faktor Lingkungan
1.       Tanah dan alam sekitar.
Tanah dan sumber alam merupakan salah satu factor penting untuk kegiatan perusahaan.
1.       Ilmu pengetahuan dan seni.
Penerapan ilmupengetahuan dalam dunia perusahaan akan dapat membantu menggali ilmu pengetahuan lebih lanjut.
1.       Pemerintah dan hukum.
Aspek positif dari pemerintah akan dibutuhkan oleh perusahaan ialah perlindunganterhadap hak milik, pemeliharaan tata hukum, dan keamanan, sertapenggunaan keuangan, tetapi pemerintah perlu mengadakan pembatasandengan mengadakan pemungutan pajak dan tarif.
4.    Uang, kredit,kapital. Uang kredit merupakan darah bagi kehidupan perusahaan. Apabilauang, kredit, dan kapital ini lambat akan menghambat jalannyaperusahaan. Sebaliknya, jika jumlah yang terlampau banyak akanmengganggu perusahaan. Uang sebagai alat pembayaran, termasuk kreditdidalamanya. Mengenai kapital perusahaan tidak akan dapat menjalankafungsinya tanpa kapital.dana kapital ini dalam bentuk terkumpulnya uangatau kredit yang diinfestasikan dalam perusahaan.
5.  Tersedianya tenaga kerja. Tenaga kerja dalam perusahaan pada umumnya bersatu dalam bentuk serikat kerja. Berhasilnya perusahaan tergantung pada tingkatketrampilan, kesehatan, dan sikap dari tenaga kerja. Hal ini sangattergantung pada system pendidika, standar hidup, dan inisiatif darimasyarakat
6.   Sikap konsumen. Usaha perusahaan untuk mengurangiresiko dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dengan memperhatikan sikapkonsumen dan publik.
7.  Kepercayaan dan agama. Mempengaruhi tingkahlaku manusia serta etika masyarakat, hal ini mempengaruhi kebijaksanaan perusahaan yang diambil oleh manajer. Standar etika ini harus diikutioleh perusahaan.
8.  Hubungan internasional. Hubungan ini meliputipenyediaan sumber ekonomi, bahan perdagangan dan politik mungkin tidakterbatas pada bahan dasar, tetapi juga berupa tenaga kerja terdidik.
LINK SUMBER :
Baca Juga :  Konsep Nilai Waktu Uang (Time Value of Money)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *