Pengalaman Klaim Kacamata dengan BPJS Kesehatan - Liliana Halim Pengalaman Klaim Kacamata dengan BPJS Kesehatan % %
Diary,  Kesehatan

Pengalaman Klaim Kacamata dengan BPJS Kesehatan

Klaim kacamata dengan BPJS Kesehatan, berbekal browsing dari blog mba Nufazee dan Ayu Novanti akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti jejak langkah mereka juga! Bikin kacamata dengan BPJS Kesehatan. Setelah galau kepengen ikutan tapi males dengan ribetnya. Eh eh tapi ternyata ga serumit dan seribet yang dipikirin kok.

Awalnya hari jumat sepulang kerja, karena badan lagi ga enak juga sekalian deh minta obat radang, pusing, demam dan minta rujukan untuk ke poli mata. First mission done, walaupun pulang dengan penglihatan kabur juga akibat tensi tinggi 140/96 di hari itu (kedua kalinya ditemukan indikasi “kamu punya darah tinggi juga”)

Hari sabtu sempat  galau mikirin jadi atau nggak nih ngurusin bikin kacamata ini, tapi udah kepalang dapat surat rujukan kenapa ga dilanjut? Iyakan :)) Akhirnya sekitar jam 19.00 saya coba sms atasan sambil mengucapkan happy CNY dan juga minta izin untuk cuti di hari senin (baru kali ini berani minta izin di akhir bulan loh!)

Hari minggu pun tiba tapi kok belum ada jawaban dari  atasan, sempat galau lagi jadi atau nggak dan akhirnya sekitar jam 14.00 sms pun dibalas (yeay jadi juga cuti~)

Tiba di hari senin, sekitar jam 07.15 kita sampai di RS Bayukarta, dengan berbekal informasi dari mas-mas yang di depan bahwa untuk pasien BPJS silakan daftar dan registrasi di belakang, kita pun menuju kesitu. Sampai di ruang registrasi dengan tampang polos dan ga tau apa-apa akhirnya ada dua bapak-bapak yang berbaik hati memberi tahu (tau bukan tahu yak), ditekan aja tombolnya, nanti keluar nomor antriannya, setelah itu kita dapat nomor 35 (baca : tiga puluh lima), kebayang kan lamanya… Eh ternyata ada bapak-bapak yang berbaik hati kasih nomornya (dia ambil 2 nomor ternyata, nomor 8 buat dia dan nomor 9 buat kita), waaah terima kasih yah ternyata masih ada bapak-bapak yang berbaik hati hehe.

Baca Juga :  [Motivasi] Berbaktilah Sebelum Terlambat

Ga lama nomor antrian pun dipanggil, oya jangan lupa mempersiapkan persyaratannya :

– Foto Copy KTP

– Foto Copy Kartu BPJS

– Foto Copy Surat Rujukan

– Jangan lupa surat rujukan asli juga ikut dilampirkan

Setelah dipanggil (karena pasien baru jadi kita disuruh isi kelengkapan data dan dikasih option mau ke dr. Etty atau dr. Ayu, awalnya sempat bingung dan jawab yang pagi ajalah Bu, ehh dia bilang semuanya pagi, kemudian saya pun memilih dr. Etty.

Selanjutnya kita disuruh menuju ruang Eye Center (di lantai 2) kemudian menaruh berkas dan dipanggil untuk masuk ke ruang periksa,  setelah mencoba-coba dengan beberapa lensa dan cocok dan taraaa keluarlah hasilnya. Kanan minus 0.25, silinder 1, kiri minus 1. Tapi belum selesai sampai situ, kita masih harus periksa dengan dokter untuk diberikan rujukannya. Ternyata di ruangan ini si dokter memberikan option untuk pakai kacamata dan ga boleh dilepas atau mau dilaser (heee laser, biayanya apa ditanggung BPJS juga? Ternyata nggak, mari abaikan option ini yah…)

Baca Juga :  Alasan Saya Ganti Domain Berbayar

Dan diberikan advise oleh dokter jangan main hp/komputer terus, istirahatkan minimal 2 jam (nah ini yang susah, masalahnya kerja kan depan komputer apalagi main hp duuuh aku kan ga bisa jauh-jauh dari kamu) oke lanjut :))

Setelah diberikan resep + hasil pemeriksaan untuk ngeklaim, kita pun menuju apotik untuk tebus obat dan cuss ke kantor BPJS Kesehatan di Bypass (bisa kasih security aja, hasil pemeriksaannya dan bilang mau klaim kacamata). Beberapa blog menyebutkan kalau mereka tidak perlu menuju kantor BPJS karena langsung mendapatkan cap di Rumah Sakitnya, ternyata untuk daerah Karawang kita perlu ke kantor BPJS untuk meminta cap serta legalisir dan juga diberikan referensi optik mana saja yang bekerja sama dengan BPJS.

Setelah menunggu beberapa menit kemudian kita diberikan kuitansi klaim kacamata dan besaran biaya yang tanggung BPJS untuk klaim kacamata sejumlah :

– Rp. 300,000 untuk kelas 1

Baca Juga :  Ceng Beng 2018 | Review Macehat Coffee Medan & Durian Pelawi Medan + Oleh - Oleh A1 Asli Medan

– Rp. 200,000 untuk kelas 2

– Rp. 150,000 untuk kelas 3

Juga tertera optik mana saja yang menerima klaim kacamata (maaf lupa difoto), tapi saya langsung menuju Asia Optical Karawang karena rekomendasi teman saya optik tersebut bagus tapi harganya ya lumayan.

Setelah sampai di optik dan bilang mau memakai BPJS juga dengan tampangnya agak judes (maaf ya Mba, tapi emang kenyataan) akhirnya dia menunjukkan frame dengan harga > Rp. 1,000,000 akhirnya saya meminta untuk ditunjukkan frame dibawah Rp. 1,000,000 karena budget saya hanya 500-700rb. 🙂

Setelah mendapatkan frame yang cocok, totalan yang harus saya bayar Rp. 510,000 (sudah dikurang dengan klaim BPJS sebesar Rp. 300,000) dan harus menunggu 2 jam, tidak bisa langsung jadi karena alat mereka sedang error akhirnya saya memilih untuk balik lagi aja nanti karena BT harus menunggu selama 2 jam di optik.

Akhirnya kacamata saya pun selesai di hari itu, terima kasih BPJS.

 
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *