Pengalaman Berbisnis Pulsa & Boneka Horta (Tips) - Liliana Halim Pengalaman Berbisnis Pulsa & Boneka Horta (Tips) % %
Diary

Pengalaman Berbisnis Pulsa & Boneka Horta (Tips)

Nama : Liliana Halim

NPM : 24210024

Kelas : 2EB17

 

Bisnis ku dimulai saat aku duduk dikelas 2 SMA, saat itu aku mencoba berbisnis pulsa karena kebetulan ada saudara ku yang bekerja di counter pulsa. Aku berjualan tertutup, maksudnya hanya orang-orang tertentu saja yang tau. Aku diberi modal Rp.600.000 oleh mama, dan aku pun membelikan beberapa perdana, voucher fisik dan elektrik. Pertama-tama usahaku ini berjalan dan aku pun sangat rajin membuat laporannya. Tapi saat aku mencoba berbisnis terbuka (disekolah), bisnis ku pun agak mandet karena rata-rata temanku itu mengutang. Akhirnya bisnisku pun mengalami kemunduran (bangkrut), aku yang seharusnya memutarkan uang modal itu tetapi tidak tau kemana uang itu sekarang.

 

Aku pun tidak patah semangat untuk mencoba bisnis lagi, waktu itu ada kakak kelasku yang menawarkan aku untuk join menjual pulsa dan menjadi upline dia, bisnis kedua ini pun gagal lagi kahirnya aku memutuskan untuk tidak berjualan disekolah tetapi hanya jual dirumah. Untuk sambilan aku pun berjualan accesoris handphone karena ditwarkan kakak kelasku juga dan hanya jalan beberapa hari. Saat itu berjualan pulsa memang agak lumayan, usahaku akan berkembang tapi waktu itu kakak kelasku memutuskan tidak berjualan pulsa lagi karena dia sudah kelas 3 SMA dan mau focus UN. Aku pun vakum berjualan pulsa.

Baca Juga :  Ceng Beng 2018 | Review Macehat Coffee Medan & Durian Pelawi Medan + Oleh - Oleh A1 Asli Medan
 

Untuk ketiga kalinya, waktu itu ada sales yang kebetulan teman mamaku juga mau menawarkan jual pulsa. Akhirnya aku pun berjualan pulsa lagi. Setengah tahun berjalan usaha pulsaku begitu-begitu saja, aku pun memutuskan ingin menambah bisnisku menjual barang cosmetik dari or*flame dan s*phie m*rtin. Pertama memang bisnis itu menjanjikan, akhirnya temanku memesan dan untungnya lumayan tidak seperti jual pulsa yang seperak dua perak. Tapi bisnis itupun tidak tahan lama, karena selain di utang juga tidak seperti pulsa, kalau bisnis cosmetik kan tidak bisa sehari habis seperti jual pulsa. Aku pun akhirnya kembali berbisnis pulsa. Aku pun pernah berjualan accesoris handphone karena ditwarkan kakak kelasku dan hanya jalan beberapa saat juga.

 

Boneka Horta, inilah tujuan bisnisku selanjutnya. Karena waktu itu ada temanku yang berjualan boneka ini, aku pun berminat dan langsung aku browsing mencari tau apa itu boneka horta. Akhirnya aku memutuskan mencoba berbisnis boneka ini. Waktu itu aku memesan diinternet, dengan harga Rp.16.500 lalu aku menjualnya lagi dengan harga Rp.20.000. Boneka aku pun laku terjual karena mayoritas di perumahan ku banyak anak-anaknya. Waktu itu aku sempat memesan 3 kali, harusnya uang dari hasil berjualan ini lumayan tapi aku pun tak tau kemana uangnya. Lagi-lagi aku menghilangkan uang modalku. Aku kembali berjualan pulsa dan berhenti jual boneka horta karena peminatnya pun sudah jarang. Dan sampai saat inilah aku masih berjualan pulsa walau tidak besar karena hanya berjualan diperumahan dan tidak banyak yang tau.

Baca Juga :  Fenomena Sugar Relationship dan Kaitannya dengan “Pelakor”
 

Pengalaman yang aku dapat dari beberapa bisnis yang aku jalankan :

1. Bisnis itu tidak ada yang instan yang bisa cepat membuat kaya, jadi harus sabar dalam menjalankan bisnis apapun.

2. Dari receh menjadi ribuan, dari ribuan menjadi puluhribuan, dari puluhribuan menjadi ratusribuan, dan dari ratusribuan bisa mencapai jutaan bahkan milyaran BUKAN karena receh lalu kita tinggalkan.

3. Harus memanagement dengan benar uang yang menjadi modal dan uang yang dipakai karena jika tidak ada laporan bisa kebablasan dan bahkan jatuh ke lubang yang sama.

4. Jika bisa, harus kita tinggalkan hutang-menghutang karena dengan hutang bisa membuat bisnis kita mandet alias tidak jalan dan bisa saja bangkrut.

5. Jalankan satu bisnis yang menurut anda prospeknya cerah dan jangan mencoba berbagai bisnis karena kita akan kewalahan karena banyaknya bisnis yang anda pegang.

6. Menyisihkan sebagian uang untuk mengembalikan uang modal ya minimal bisa untuk menambah modal di kemudian hari.

Sekian cerita pengalaman berbisnisku, semoga bisnisku suatu saat nanti bisnis bertambah besar dan bisa menjadi milyaran karena tidak ada yang mustahil didunia ini jika kita punya kemauan^^

Baca Juga :  Alasan Deactive Sementara Facebook dan Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *