[Motivasi] Latihan Kebaikan agar Dunia Semakin Indah - Liliana Halim [Motivasi] Latihan Kebaikan agar Dunia Semakin Indah % %
Diary,  Motivasi

[Motivasi] Latihan Kebaikan agar Dunia Semakin Indah

Pada umumnya manusia menyukai keindahan dan membenci kejelekan. Didunia ini ada yang berparas cantik tapi hatinya jelek. Ada juga berwajah jelek akan tetapi hatinya baik. Ada kompleks perumahan yang eksklusif, indah dan megah akan tetapi di dalamnya dihuni oleh para pejabat yang korupsi. Kadang kala di rumah yang sangat sederhana tapi penghuninya adalah manusia yang jujur dan murni.

Di dunia ini ada kalanya benda yang kelihatan cantik di lapisan luar tapi dalamnya jelek, ada pula yang luarnya kelihatan jelek tapi isinya bagus, ada yang luar dalamnya biasa-biasa saja. Barang yang tidak cantik tidak perlu dipermasalahkan yang paling ditakuti adalah barang yang jelek. Tentu saja kita mengharapkan dunia yang kita huni ini indah dan bagus tetapi yang paling penting adalah keindahan dalam hati manusia.

Baca Juga :  Tulang Rusuk vs Tulang Punggung

Berbicara mengenai keindahan, ada keindahan alami dan keindahan buatan. Keindahan alami adalah suatu anugerah, sedangkan keindahan buatan merupakan hasil karya manusia. Ada orang yang bisa memperindah kata-kata, ada yang memperindah ucapan, ada yang memperindah tulisan dan lukisan, ada yang memperindah lingkungan, ada yang memperindah gaya dan ada juga orang yang bisa membenahi sifatnya memperindah kharisma.

 

Teman-teman sekalian apakah anda menyukai keindahan? Adakah keindahan-keindahan yang pernah anda hasilkan? Pernahkah anda menanyakan pada diri sendiri : Apakah cara bertutur kataku telah cukup baik? Apakah kelakuanku selama ini cukup santun? Apakah cara berpikirku (pandanganku) adalah benar? Apakah perbuatanku telah cocok dengan norma-norma yang berlaku? Apakah cara bergaulku cukup bagus?

Keindahan yang sesungguhnya adalah kita perolehi dari dalam diri kita. Dengan hati yang baik, welas asih, jujur, murni, ikhlas, mulia, dan hati yang bersih, segala sesuatu yang di luar kita akan menjadi indah.

Baca Juga :  Penelitian Pabrik Tahu Bojong di Karawang

Kita berkewajiban menciptakan dunia yang indah, kehidupan yang indah, lingkungan yang indah dan tempat tinggal yang indah. Bangsa Jepang dulu pernah menyatakan mereka adalah bangsa yang jelek, orang Tionghoa bukankah begitu juga? Bukankah semua bangsa di dunia ini juga sama?

Dapatkah menyadari kejelekan (kelemahan) sendiri merupakan teladan yang baik, yang paling ditakuti adalah tidak menyadarinya. Tidak mengetahui akan kejelekan (kelemahan) sendiri, maka sampai kapanpun tidak akan maju, apabila tidak tahu mengintrospeksi diri selamanya tidak akan pernah mengoreksi diri. Bila kita menyadari kejelekan (kelemahan) diri sendiri, maka kita dapat memperbaiki diri dan keindahan alami akan terbentuk dengan sendirinya.

Paras yang cantik sulit untuk dipertahankan, sebaliknya hati yang baik dapat membuat orang simpati dan membuat kehidupan anda berbahagia selamanya.
 

Langkah pertama dari keindahan adalah bermula dari 3 latihan kebaikan, yaitu :

 1. Bertutur kata dengan baik.
 2. Melakukan perbuatan baik.
3. Hati berniat baik.
 

Mulailah hidup anda dengan berpedoman pada 3 (tiga) Kebaikan di atas, niscaya dunia ini akan semakin indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *