[Motivasi] Definisi Kesuksesan | Apa arti kesuksesan buat dirimu? - Liliana Halim [Motivasi] Definisi Kesuksesan | Apa arti kesuksesan buat dirimu? % %
Diary,  Motivasi

[Motivasi] Definisi Kesuksesan | Apa arti kesuksesan buat dirimu?

Di dunia ini ada orang yang usahanya selalu lancar dan sukses, tetapi ada pula yang usahanya selalu gagal. Ada yang berhasil menuntut ilmu sampai jenjang profesional tetapi ada pula yang tidak berpendidikan, walaupun bekerja keras sepanjang hari namun seumur hidupnya hanya biasa-biasa saja. Seorang pertani dikatakan berhasil apabila dapat menghasilkan panen dengan baik sesuai dengan apa yang ditanamnya. Para buruh pabrik dikatakan berhasil apabila dapat meningkatkan produksi pabriknya.

 

Begitu juga dengan pemilihan umum pada zaman demokrasi sekarang, orang yang terpilih dikatakan sukses, yang tidak terpilih dikatakan gagal. Dahulu ada orang yang berhasil dalam karir atas usaha sendiri, ada pula yang menjadi pendukung, membantu orang lain mencapai kesuksesan. Seperti kata pepatah : “Kesuksesan seorang Jendral adalah berkat hasil pengorbanan dari ratusan prajuritnya”. Kesuksesan yang begini adalah hasil dari bantuan berbagai pihak.

Baca Juga :  [Motivasi] Latihan Kebaikan agar Dunia Semakin Indah
 

Ada orang yang bukan hanya gagal dalam setiap usaha, juga selalu menimbulkan masalah. Kegagalan ini disebabkan karena rejekinya belum datang juga karena karma baiknya belum berbuah. Ada orang yang dari segi material kelihatan sukses, tetapi dari segi rohaninya dia gagal. Sebaliknya, ada pula orang yang kelihatan gagal, tetapi diukur dari segi, dia masih tergolong orang yang sukses.

 

Kesuksesan dan kegagalan sebenarnya hanya sebatas seuntai tali saja. Orang yang sukses kebanyakan menjadi angkuh, keangkuhan akan menyebabkan kegagalan. Orang yang gagal janganlah putus asa tetapi hendaknya ia mengerti bahwa kegagalan merupakan cambuk buat dirinya untuk menuju kesuksesan. Di dunia ini, walaupun gagal dalam keuangan, usaha dan cinta, hal ini bukanlah masalah yang penting, asalkan sebagai manusia jangan sampai terjadi kegagalan dalam jiwanya. Dengan demikian ia dapat dikatakan sebagai manusia yang sukses.

Baca Juga :  Review Sisir Tangle Teezer (Sisir untuk Rambut Kusut)
 

Kesuksesan bukan dilihat dari segi besar kecilnya kekuasaan, kuat atau lemahnya ekonomi, tinggi atau rendahnya pendidikan, bukan pula dilihat dari fisiknya, tetapi dari hati nuraninya. Dengan menilai hati nuraninya barulah dapat dikatakan sukses atau gagalnya seseorang. Ada orang yang mempunyai kedudukan dan wewenang yang tinggi, ada yang ternama dan kaya raya tetapi reputasinya jelek sepanjang zaman, hidupnya bagaikan seekor tikus jalanan, pantaskah orang demikian disebut sukses? Kesimpulannya, sukses atau gagal tidaklah mutlak, yang penting adalah : Apakah kita mempunyai hati nurani?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *