Metode Pembayaran Internasional | Apa itu Telegraphic Transfer dan MT103? - Liliana Halim Metode Pembayaran Internasional | Apa itu Telegraphic Transfer dan MT103? % %
Finansial

Metode Pembayaran Internasional | Apa itu Telegraphic Transfer dan MT103?

Hai, di tulisan kali ini saya mau membahas salah satu metode pembayaran internasional yang sering digunakan yaitu metode direct payment atau bisa disebut juga dengan Telegraphic Transfer (TT Payment). Dalam metode direct payment ini ada dua jenis pembayaran yang dikenal yaitu :

Open account (TT after shipment)

Eksportir mengirimkan barang beserta dokumen langsung kepada pembeli dan selanjutnya menunggu pembeli mengirimkan pembayaran. Jatuh tempo pembayaran open account ini ada beberapa macam dimulai dari TT 7 hari sampai dengan TT 360 hari (umumnya paling lama TT 180 hari).

Resiko bagi eksportir dari metode open account ini :

– Barang sudah diterima pembeli namun pembayaran tidak / belum dilaksanakan.

– Pembayaran telah dilaksanakan namun jumlahnya tidak sesuai dengan yang diperjanjikan.

– Penundaan pembayaran.

 

Advance payment (TT before shipment)

Pembeli membayar terlebih dahulu (Full Payment atau Partial Payment) kepada eksportir dan menunggu eksportir mengirimkan barang beserta dokumen. Metode pembayaran ini adalah metode yang paling aman untuk eksportir.

Resiko bagi pembeli dari metode advance payment ini :

– Barang tidak diterima tepat waktu atau tertunda.

– Barang tidak sesuai spesifikasi yang dikehendaki oleh pembeli.

Biasanya untuk menentukan kriteria open account atau advance payment yang akan dipakai oleh pembeli, pihak eksportir perlu melihat terlebih dahulu kemampuan membayar pembei yang tercermin melalui laporan keuangan, hal tersebut perlu dilakukan guna meminimalisir kerugian yang akan dilakukan oleh pembeli seandainya gagal bayar.

Baca Juga :  Pengaruh Pasar Modal Global di Indonesia periode 2008 - 2013

Transfer melalui TT payment ini memakan waktu kurang lebih dua sampai tiga hari normalnya tergantung bank pengirim yang menjalankan, untuk mengetahui apakah transaksi sudah dijalankan oleh bank, ada baiknya pengirim uang meminta swift copy berupa MT103 kepada bank.

MT103 adalah bukti pembayaran yang dihasilkan untuk menandakan bahwa instruksi pembayaran telah dijalankan oleh bank pengirim. Melalui MT103, kita dapat mengetahui informasi lebih banyak dan detail, contohnya kapan bank menjalankan transaksi tersebut, jika dana belum diterima kita juga bisa melihat apakah ada kesalahan di dalam MT103 yang diberikan (lihat nomor rekening dan nama penerima / beneficiary name pada kolom : 59A). Jika ada kesalahan kita bisa meminta bank untuk membuat Amendment Letter sesuai kesalahan yang terjadi dan nantinya dikirimkan ke pihak yang bersangkutan.

Baca Juga :  Review SimobiPlus (Registrasi Simobi Plus dan Deposito Online Sinarmas)

Jenis biaya dari Telegraphic Transfer ini ada 3 macam, yaitu :

– SHA (Sharing) : biaya bank masing – masing ditanggung oleh kedua pihak, biasanya biaya bank lokal ditanggung oleh pengirim uang, biaya bank internasional (koresponden) ditanggung oleh penerima uang.

– BEN (Beneficiary) : semua biaya bank (lokal maupun internasional) ditanggung oleh beneficiary / penerima uang.

– OUR : semua biaya bank (lokal maupun internasional) ditanggung oleh pengirim uang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *