Mengapa Perlu Ada Pasar Modal? - Liliana Halim Mengapa Perlu Ada Pasar Modal? % %
Finansial,  Review

Mengapa Perlu Ada Pasar Modal?

Pada dasarnya pasar modal mirip dengan pasar-pasar lain. Untuk setiap pembeli yang berhasil, selalu harus ada penjual yang berhasil. Jika orang yang ingin membeli jumlahnya lebih banyak daripada yang ingin menjual, harga akan menjadi lebih tinggi. Bila tidak ada seorangpun yang membeli dan banyak yang mau menjual, harga akan jatuh.

Yang membedakan pasar modal dengan pasar-pasar yang lain adalah komoditi yang diperdagangkan. Pasar modal dapat dikatakan pasar abstrak, dimana yang diperjualbelikan adalah dana-dana jangka panjang, yaitu dana yang keterikatannya dalam investasi lebih dari satu tahun.

Di pasar modal, bertemunya para pialang atau broker yang menjadi perantara antara penabung—di pasar modal disebut investor—dengan pengusaha yang memerlukan modal, yang biasa disebut emiten. Jadi dapat didefinisikan bahwa pasar modal adalah tempat untuk mentransaksikan modal jangka panjang (Fabozi & Modigliani, 2003: 10), dimana permintaan diwakili oleh para investor. Meskipun demikian, kata tempat disini tidak mewakili lokasi sebagaimana layaknya pasar konvensional sebab transaksi tidak selalu dilakukan di lokasi tertentu yang permanen. Bahkan dengan perkembangan e-business, transaksi di pasar modal juga bisa dilakukan di dunia maya, melalui internet trading. Demikian pula yang dimaksud modal disini, bukan dalam artian fisik uang, melainkan uang yang sudah direpresentasikan dalam bentuk surat berharga, yaitu saham dan obligasi serta turunannya.

Baca Juga :  COMSET a.k.a Combro Setan

Pasar modal memiliki peran penting dalam kegiatan ekonomi. Di banyak negara, terutama di negara-negara yang menganut sistem ekonomi pasar, pasar modal telah menjadi salah satu sumber kemajuan ekonomi, sebab pasar modal dapat menjadi sumber dana alternatif bagi perusahaan. Padahal perusahaan ini merupakan salah satu agen produksi, yang secara nasional akan membentuk gross domestic product (GDP). Jadi, dengan berkembangnya pasar modal, akan menunjang peningkatan GDP atau dengan kata lain, berkembangnya pasar modal akan mendorong pula kemajuan ekonomi suatu negara.

Salah satu kelebihan pasar modal adalah kemampuannya menyediakan modal dalam jangka panjang dan tanpa batas. Dengan demikian, untuk membiayai investasi pada proyek-proyek jangka panjang dan memerlukan modal yang besar, sudah selayaknya para pengusaha menggunakan dana-dana dari pasar modal. Sedangkan untuk membiayai investasi jangka pendek, seperti kebutuhan modal kerja, dapat digunakan dana-dana (misalnya kredit) dari perbankan.

Baca Juga :  A thread tentang pelayanan dokter BPJS dengan suspect DBD

Beberapa manfaat pasar modal :

  1. Menjadikan Manajemen Profesional
  2. Solusi Suksesi
  3. Alternatif Investasi
  4. Alternatif Sumber Dana
  5. Indikator Ekonomi Makro

Referensi :

Buku Pasar Modal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *