Keadaan Perekonomian Indonesia pada Tahap Pemerintahan SBY - Liliana Halim Keadaan Perekonomian Indonesia pada Tahap Pemerintahan SBY % %
Finansial,  Review

Keadaan Perekonomian Indonesia pada Tahap Pemerintahan SBY

Selama ini,  Indonesia dinilai belum mampu melaksanakan pembangunan yang merata. Dengan jumlah penduduk 227.650.000 jiwa pada tahun 2008 dan tingkat pertumbuhan mencapai 1,3 %, tetapi  21,4 % rakyat Indonesia masih berpenghasilan kurang dari US $ 1,25 perhari (data 2005). Disamping itu, angka masyarakat miskin mencapai jumlah 38.394.000 penduduk. Dengan dasar klasifikasi dari Bank Dunia yang mengatakan bahwa penduduk berpenghasilan kurang dari US $ 2 perhari perorang termasuk miskin, maka lebih dari 50 % penduduk Indonesia termasuk dalam  kategori miskin.  Penduduk yang tidak mempunyai rumah pun mencapai angka 32,3%.

Sebenarnya masalah pengangguran di Indonesia masih menjadi masalah ekonomi utama yang sampai saat ini belum diatasi. Sampai tahun 2008, tingkat pengangguran terbuka masih berada pada kisaran 9% dari jumlah angkatan kerja atau berada pada kisaran 9 juta orang.

Baca Juga :  Pulpen BOXY 001P by Mitsubishi Pencil

Bagaimana pada tahap pemerintahan SBY ?

Grafik Jumlah Tenaga Kerja Formal dan Informal

Seperti gambar diatas, dari tahun ke tahun jumlah tenaga kerja mengalami peningkatan yang berarti kondisi perekonomian pada tahap pemerintahan SBY pada sektor tenaga kerja cukup memuaskan. Angka pengangguran yang menurun serta perkembangan harga yang relatif stabil berpengaruh pada penurunan jumlah penduduk miskin pada tahun 2009. Beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan jumlah penduduk miskin antara meningkatnya penerimaan upah riil harian buruh tani, menurunnya rata-rata harga beras nasional serta stabilnya inflasi. Penurunan kemiskinan juga dipengaruhi oleh program pemerintah yaitu penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk keluarga miskin. Juga adanya program seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca Juga :  Mengapa Perlu Ada Pasar Modal?

Sebagai bangsa yang mulai untuk bangkit kembali, kita tidak boleh merasa puas sampai disini, sebenarnya masih banyak tugas pemerintah untuk membenahi negeri ini contohnya untuk memperbaiki infrastruktur yang sudah tidak memadai seperti membangun jalan, jembatan, pelabuhan, perlistrikan, dan telekomunikasi serta meratakan kesenjangan sosial yang makin dirasakan masyarakat.

Pesan untuk pemerintah, semoga kinerja pemerintahan SBY dapat dirasakan semakin baik lagi, terbukanya lapangan usaha yang semakin lebar dan mengurangi tingkat pengangguran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *