Jadilah Netizen yang Bijak - Liliana Halim Jadilah Netizen yang Bijak % %
Diary

Jadilah Netizen yang Bijak

Euforia menjelang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 baru saja dimulai, tentu saja masyarakat memiliki pandangan masing-masing terhadap pasangan capres dan cawapres pilihannya, tapi masih banyak orang yang berpikir bahwa dia adalah orang yang paling benar di dunia ini, berada di jalan yang dianggap paling benar, karena sudah tertutup mata hatinya menganggap orang yang tidak sepihak dengannya adalah musuh. Sekalipun kamu benar dan dia salah, patutkah orang tersebut dihina dan dicaci maki? Dan sekalipun kita berbeda pandangan haruskah kita bermusuhan?

Pro dan kontra itu adalah hak masing-masing, netizen yang memakai akun palsu untuk menjelek-jelekan hal atau orang yang tidak sesuai dengan yang kalian inginkan adalah suatu hal yang sia-sia. Ada baiknya pendapat dan komentar diutarakan dengan baik, menggunakan data atau pandangan yang objektif. Janganlah menguras tenaga untuk menjelek-jelekkan hal yang tidak kalian sukai. Jangan membela mati-matian orang yang kalian anggap benar. Setiap orang tentu memiliki sisi baik dan buruknya masing-masing.

Baca Juga :  A thread tentang pelayanan dokter BPJS dengan suspect DBD

Apapun yang sudah dilakukan sedikit banyak tentu berdampak pada kehidupan kita (baik atau tidak baik hanya pribadi masing-masing yang bisa menilai). Suka atau tidak suka beliaulah pemimpin (presiden, gubernur, guru, kepala sekolah, atasan) kita, jangan sampai karena kebencian menguasai akal sehat sehingga hidup kita hanya dipenuhi kebencian.

Pujilah dia jika memang hasil kerjanya baik dan jika kenyataannya tidak sesuai dengan yang diharapkan utarakan saja dengan sebaik-baiknya tanpa harus memaki atau menghina orang tersebut atau malah menciptakan hoax dan fitnah.

Mari koreksi diri sendiri, jangan terlalu sibuk menilai orang lain benar atau salah karena perbedaan pandangan yang kita miliki.

#waini RT @KomunikatorNo_1: Jgn mencaci jika ingin hidup yg bebas dari benci.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *