FinTech: Inovasi Keuangan di Era Digital (Investasi Peer to Peer Lending KoinWorks Mulai Rp 100 Ribu) - Liliana Halim FinTech: Inovasi Keuangan di Era Digital (Investasi Peer to Peer Lending KoinWorks Mulai Rp 100 Ribu) % %
Finansial,  Review,  Teknologi

FinTech: Inovasi Keuangan di Era Digital (Investasi Peer to Peer Lending KoinWorks Mulai Rp 100 Ribu)

FinTech atau Financial Technology menurut kamus Oxford adalah program komputer atau teknologi lainnya yang digunakan untuk mensupport atau mendukung layanan bank atau jasa keuangan lainnya. Jadi bisa dibilang FinTech ini adalah suatu layanan jasa di bidang keuangan yang mengandalkan atau perangkat teknologi dan informasi. Tujuannya adalah mempermudah masyarakat dalam mengakses produk – produk keuangan yang saat ini bisa kita temukan dimana – mana. Bahkan saat membaca blog ini mungkin pembaca akan menemukan beberapa iklan terkait FinTech. Dengan adanya FinTech ini diharapkan masyarakat akan dengan mudah melakukan transaksi tanpa harus mendatangi lokasi perusahaan ini. Tentu ada persyaratan yang harus dilengkapi untuk mendaftar ke salah satu perusahaan FinTech ini dan biasanya syarat mutlak yang diperlukan untuk mendaftar adalah foto KTP yang diunggah sebagai kartu identitas pribadi.

Perlu diketahui cakupan bisnis Perusahaan FinTech ini pun tidak hanya satu, ada berbagai jenis mulai dari startup pembayaran, riset keuangan, investasi ritel, pembiayaan (lending & crowdfunding), perencanaan keuangan dan lainnya. Dikutip dari laman Finansialku Perusahaan Startup FinTech terdiri dari :

  • Pembayaran (Payments)
  • Investasi
  • Perencanaan Keuangan
  • Pembiayaan (Lending)
  • Situs Pembanding Produk Keuangan (Comparison Site atau Financial Aggregator)
  • Riset Keuangan, dan lainnya

Kini dapat kita lihat sendiri bahwa semakin banyak perusahaan yang berlomba – lomba mendirikan perusahaan berbasis FinTech bahkan beberapa lembaga keuangan juga sudah mulai gencar mengikuti perkembangan zaman ini. Tentunya kita sendirilah yang harus pandai memilah dan memilih perusahaan mana yang reputasinya baik juga terpercaya dan tingkatkan literasi keuangan serta tips pilihlah perusahaan FinTech yang sudah resmi terdaftar dan diawasi OJK (Ototitas Jasa Keuangan).

Baca Juga :  Pengaruh Pasar Modal Global di Indonesia periode 2008 - 2013

Sebelumnya saya telah membahas salah satu Startup FinTech yaitu Flip (Transfer Antar Tanpa Biaya, baca disini). Dan sekarang giliran saya membahas salah satu cakupan FinTech lainnya yang berupa Peer to Peer Lending atau kegiatan pinjam meminjam antar individu maupun bisnis yang dilakukan secara online. Mengapa disebut Peer to Peer karena kegiatan ini dilakukan oleh orang pribadi maupun bisnis dan bukan dilakukan oleh bank sehingga bagi kalian yang menginginkan pinjaman pribadi yang cepat dan tanpa jaminan atau bagi kalian yang mau menginvestasikan dananya tanpa perlu kebingungan ini adalah solusinya.

Salah satu perusahaan P2P lending yang sudah diawasi OJK yaitu PT Lunaria Annua Teknologi (Koinworks). Koinworks memberi kemudahan akses dan untuk bergabung prosesnya cukup mengisi formulir pendaftaran kemudian unggah foto KTP dan kita tinggal memilih apakah ingin menjadi Investor atau Borrower. Selain memberikan persentase bunga tahunan yang cukup tinggi, Koinworks juga menyisihkan sebagian pendapatan mereka atau dengan kata lain Koinworks ini menyediakan dana proteksi untuk menjamin keamanan dana investor sesuai tingkatan Platform pinjaman.

Baca Juga :  Review Aplikasi FatSecret (Hitung Kalori dengan Mudah)

Bunga yang diberikan memang berbanding terbalik dengan tingkatan resiko dana proteksi yang disediakan, semakin besar bunga yang diperoleh maka semakin kecil tingkat dana pengembalian pinjaman kalian, tetapi semakin kecil bunga yang diperoleh maka tingkat pengembalian dana pun semakin besar. Contoh kategori pinjaman A maka bunga yang diperoleh hanya 15% – 19% tetapi dana proteksi yang dicover adalah 100%, kategori pinjaman E maka bunga yang diperoleh mencapai 34% – 38% tetapi untuk dana proteksi yang dicover hanya sekitar 20% dari total nilai investasi kita. Maka dari itu Koinworks menyarankan untuk mendiversifikasikan dana ke beberapa jenis kategori pinjaman. Meski tidak menguntungkan secara penuh tetapi memberi peluang bunga yang lebih tinggi dan meningkatkan keamanan.

Selain memberikan bunga efektif yang cukup tinggi yaitu 18% serta tersedianya dana proteksi untuk mengcover dana investasi kita jika sewaktu – waktu ada peminjam yang gagal bayar, berinvestasi di Koinworks ini kita tidak harus punya uang yang banyak karena hanya dengan Rp 100,000 kita bisa mulai berinvestasi. Dan bagi kalian yang mau ingin mencoba investasi Peer to Peer Lending Koinworks ini bisa menggunakan link KLIK DISINI (masukan kode Referal saya yaitu 22305 dan kalian akan mendapatkan 50,000 koin yang bisa digunakan langsung untuk mendanai pinjaman). Yuk selain menabung mari kita mulai belajar berinvestasi dan cari penghasilan tambahan karena dengan investasi kita bisa melawan inflasi.

Baca Juga :  Apakah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) perlu Standarisai Penggunaan IFRS?

Oh iya sekali lagi perlu saya tekankan disini gunanya kita selalu mencari tahu perusahaan mana saja yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan tentunya sebagai investor kita tidak mau rugi kala berinvestasi maka dari itu kita juga harus cek apakah perusahaan tersebut menyediakan dana proteksi dengan mengembalikan seluruh atau sebagian modal kita jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti gagal bayar, selain itu pilih periode investasi sesuai kebutuhan kalian, cek dan baca data – data mengenai si peminjam seperti laporan keuangan dan lainnya, lihat bunga yang diberikan apakah masuk akal. Dan terakhir Peer to Peer Lending adalah investasi bersifat cash flow dan bukan capital gain, sehingga investasi ini cocok untuk kalian yang bertujuan menghasilkan pendapatan bulanan dari investasi tersebut. Untuk update perusahaan FinTech yang terdaftar dan diawasi oleh OJK cek disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *