Cara Membuat Telur Asin Sendiri di Rumah - Liliana Halim Cara Membuat Telur Asin Sendiri di Rumah % %
Lainnya,  Resep

Cara Membuat Telur Asin Sendiri di Rumah

Jadi ceritanya kemarin dikasih telur bebek karena di rumah kurang suka sama telur bebek goreng maka pagi ini si adik berinisiatif mau buat telur asin, emang dia sih udah beberapa kali membuat telur asin ini karena tugas di sekolahnya. Jadi sedikit banyak dia udah hafal apa aja bahan dan cara membuatnya, gimana kalau usaha telur asin aja nih kita? Hehe. Telur asin ini merupakan hasil olahan telur yang dibuat dari telur bebek dan telah melalui beberapa proses sehingga menghasilkan rasa yang gurih, lezat dan lebih tahan lama. Disamping itu telur asin mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Salah satu manfaat dari telur asin sebagai cemilan dan juga teman untuk makan. Biasanya telur asin sering dimakan begitu saja, karena rasanya yang gurih dan nikmat. Tetapi sebaiknya konsumsi telur asin ini jangan terlalu banyak karena akan menyebabkan hipertensi. Yuk langsung aja persiapkan alat dan bahan untuk membuat telur asin :

Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Nugget Ayam Wortel

Bahan dan alat:

10 butir telur bebek

½ kg garam kasar

2 bungkus atau ½ kg abu gosok

Ampelas

Ember kecil

Mangkuk

Berikut beberapa langkah untuk membuat telur asin :

  1. Siapkan 10 butir telur bebek kemudian masukkan telur ke dalam mangkuk yang sudah berisi air. Langkah ini digunakan untuk mengetahui kualitas telur. Pastikan semua telur tidak ada yang mengapung karena jika telur mengapung berarti telur sudah tidak bagus.
  2. Cuci telur menggunakan sikat gigi agar kotoran yang menempel pada kulit telur terangkat. Setelah itu lap telur menggunakan tissue.
  3. Ampelas permukaan kulit telur yang sudah dilap. Pengampelasan ini bertujuan agar pori-pori pada kulit telur terbuka sehingga adonan untuk mengasinkan telur dapat terserap lebih baik.
  4. Siapkan ember kecil untuk membuat adonan pengasin telur.
  5. Masukkan abu dan garam ke dalam ember dengan perbandingan 1:1 kemudian tambahkan sedikit air ke dalam adonan. Jangan menambahkan air terlalu banyak karena nanti garam yang ada di dalam adonan akan ikut mencair sehingga membuat adonan menjadi terlalu cair. Aduk adonan perlahan-lahan hingga menjadi seperti pasta.
  6. Lumuri telur satu per satu dengan adonan abu gosok dan garam dengan ketebalan adonan kurang lebih 2 cm.
  7. Simpan telur dalam ember tertutup selama kurang lebih 14 hari. Semakin lama telur disimpan maka rasanya akan semakin asin dan awet.
  8. Setelah didiamkan selama 2 minggu, cuci bersih telur hingga semua adonan pengasin terangkat.
  9. Rebus atau kukus telur selama kurang lebih 35 menit.
  10. Telur asin siap disajikan.
Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Rebusan Air Jahe

Sekian pembahasan cara membuat telur asin, semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan bagi teman – teman semua.

Ps : Thanks Chery sudah berpartisipasi menulis di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *