Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri (Khusus Pengguna Hosting cPanel) - Liliana Halim Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri (Khusus Pengguna Hosting cPanel) % %
Teknologi

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri (Khusus Pengguna Hosting cPanel)

Hai teman – teman para pembaca, kali ini saya ingin membagikan tutorial untuk membuat email dengan menggunakan nama domain kita sendiri khususnya untuk pengguna hosting cPanel. Dikutip dari laman Wikipedia cPanel adalah sebuah control panel web hosting pada Linux yang memberikan tampilan grafis dan peralatan automasi yang dibuat untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web. cPanel menggunakan 3 tingkat struktur untuk memberikan fungsi administrator, agen, dan pemilik situs web untuk mengatur berbagai macam aspek dari situs web dan administrasi server melalui sebuah penjelajah web standar. Selain memberikan Guide User Interface untuk memudahkan pengguna, cPanel juga dilengkapi dengan perintah dalam teks dan berdasarkan API agar vendor perangkat lunak pihak ketiga, organisasi web hosting dan pengembang untuk automasi sistem standar proses administrasinya. Dukungan berbasis aplikasi termasuk Apache, PHP, MySQL, PostgreSQL, Perl, dan BIND (DNS). Email berbasis dukungan termasuk POP3, IMAP, layanan SMTP. SMTP cPanel diakses melalui https pada port 2083.

Baca Juga :  Review SimobiPlus (Registrasi Simobi Plus dan Deposito Online Sinarmas)

Untuk login ke cPanel sendiri diperlukan username dan password yang diberikan bersamaan dengan informasi  alamat akses cPanel pada email yang dikirimkan saat aktivasi web hosting.  Disini saya akan menjelaskan tutorial membuat emailnya saja ya karena keterbatasan ilmu yang saya miliki, dulu saya memang sempat belajar mengenai pemrograman seperti membuat database, kode – kode html, MYSQL, Joomla, berhubung bukan bidang kuliah saya saat itu maka hanya saya pelajari selewat saja padahal pelajaran tersebut sangat berguna jika ingin membuat website sendiri. Baiklah mari kita lanjut ke pembahasan.

Pertama, yang kita butuhkan jika ingin membuat email dengan nama domain sendiri adalah domain dan juga hosting. Jika kalian sudah memiliki domain dan hosting maka kalian akan diberikan email berisi username dan password untuk login ke cPanel oleh penyedia hosting kalian. Untuk login ketik : http://namadomainkamu.com/cPanel (ganti “namadomainkamu” ini menjadi nama domain yang sudah kalian beli atau aktivasi, jangan lupa sertakan .com)

Baca Juga :  FinTech: Inovasi Keuangan di Era Digital (Investasi Peer to Peer Lending KoinWorks Mulai Rp 100 Ribu)

Di dalam cPanel cari kolom email dan pilih menu Email Accounts.

Kemudian masukkan alamat email yang ingin kalian buat pada kolom Email dan masukkan kata sandi pada bagian Password, tentukan kuota email, kemudian simpan dengan klik tombol Create Account.

Selanjutnya akan muncul halaman dengan keterangan Account Created yang berarti akun email kalian dengan nama domain sendiri sudah berhasil dibuat.

Sebagai tambahan, kalian bisa mengaktifkan fitur Apache SpamAssain yang berguna untuk memfilter sebuah email yang teridentifikasi sebagai email spam. Sekian pembahasan dari saya mengenai cara membuat email dengan domain dan hosting cPanel, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *