4 Fase dalam Pekerjaan dan Bagaimana Cara Mencintai Pekerjaan Anda - Liliana Halim 4 Fase dalam Pekerjaan dan Bagaimana Cara Mencintai Pekerjaan Anda % %
Diary,  Motivasi

4 Fase dalam Pekerjaan dan Bagaimana Cara Mencintai Pekerjaan Anda

  1. Ketertarikan

Inilah fase ketika Anda memulai sebuah pekerjaan baru dan merasa antusias serta termotivasi untuk memberikan seratus persen kepada pekerjaan Anda. Produktifitas Anda biasanya tinggi dan sikap Anda sangat profesional.

  1. Penghargaan

Anda bergerak dari fase ketertarikan, dimana emosi-emosi sedang berada pada puncaknya, menuju perasaan yang lebih matang mengenai pekerjaan Anda. Anda menghargai pekerjaan Anda dan peluang-peluang yang ditawarkan kepada Anda.

  1. Keakraban

Ini adalah saat ketika Anda menjadi akrab dengan segala sesuatunya dan mulai merasa lebih nyaman melakukan tugas-tugas yang diminta. Fase ini dianggap sebagai titik balik bagi kebanyakan orang karena mereka  menjadi terbiasa dengan semuanya dan mengembangkan suatu zona nyaman (comfort zone). Fase ini juga merupakan fase dimana Anda mulai menganggap hal-hal sebagai sesuatu yang wajar dan semestinya.

  1. Kebosanan

Karena sifat pekerjaan itu yang berulang-ulang, Anda pun mulai bosan dan mulai mengasosiasikan perasaan negatif dan kebosanan itu dengan pekerjaan.

Bagaimana agar Anda bisa tetap berada di fase ketertarikan dan terus termotivasi?

Baca Juga :  Alasan Deactive Sementara Facebook dan Instagram

Mari kita mulai dengan menghindari hal-hal yang menyebabkan hilangnya motivasi dan kesenangan;

  1. Menjauhlah dari orang-orang negatif yang sepertinya tidak memiliki hal lain yang lebih baik untuk dilakukan selain menemukan hal-hal negatif mengenai pekerjaan dan manajemennya.
  2. Jangan bawa persoalan Anda dirumah ke tempat kerja.
  3. Hindari pikiran negatif dan saat-saat suasana hati sedang kurang baik.
  4. Hindari menunda-nunda.
  5. Jangan mengharapkan hal-hal buruk terjadi kepada Anda.
  6. Jangan menghabiskan waktu ditempat kerja hanya sekadar untuk setor muka, tanpa benar-benar melakukan apa pun yang produktif.
  7. Jangan biarkan pekerjaan Anda mengabaikan kesehatan dan urusan keluarga Anda.

Jika Anda menghindari perilaku-perilaku tersebut yang emnyebabkan orang kehilangan minat terhadap pekerjaan, Anda bisa mulai berfokus pada hal-hal yang akan membuat Anda menikmati setiap menit yang Anda habiskan di pekerjaan Anda.

Inilah sepuluh tindakan yang akan membantu Anda merasa bahagia mengenai pekerjaan Anda:

  1. Bergaullah dengan orang-orang yang positif dan antusias.
  2. Jadwalkan waktu untuk keluarga Anda dan habiskan waktu yang berkualitas bersama mereka.
  3. Jadwalkan untuk kesehatan Anda: berjalan-jalan, jogging atau berolahraga didalam sebuah klub sehingga Anda menjadi lebih sehat, hilang stress dan bertemu orang-orang menarik yang memperhatikan kesehatan mereka.
  4. Jadwalkan untuk pikiran Anda: entah Anda memilih meditasi, Yoga, Tai Chi, Self-Hypnosis, atau beberapa latihan spiritual lainnya, programlah pikiran Anda dengan pemikiran-pemikiran yang sehat dan positif.
  5. Jadwalkan waktu untuk perkembangan pribadi Anda: membacalah sekurang-kurangnya dua puluh menit setiap hari, dengarkan kaset audio (terutama pada saat-saat  waktu “terbuang” yang Anda habiskan didalam mobil), lihatlah video-video dan hadiri paling tidak satu seminar setiap bulan mengenai bidang pekerjaan Anda atau mengenai perkembangan pribadi.
  6. Ketika Anda bekerja, fokuskan energi Anda untuk mencapai tujuan-tujuan Anda.
  7. Kembangkan “Kebiasaan Mendesak”. Lakukan sekarang apa-apa yang perlu dilakukan. Jika Anda mendapati diri  menunda-nunda, tanyakan kenapa padi diri anda, singkirkan alasan-alasan itu dan lakukan sekarang juga.
  8. Tuliskan semua hal bagus mengenai pekerjaan anda dan bacalah daftar itu untuk Anda sendiri setiap hari.
  9. Visualisasikan diri Anda mencapai tujuan-tujuan Anda dan menggapai posisi tertinggi di perusahaan Anda.
  10. Afirmasi : berbicaralah kepada diri Anda dengan cara yang positif. Lakukan itu setiap hari dan lakukan dengan penuh perasaan.
Baca Juga :  Pentingnya Medical Check Up Berkala Untuk Mengetahui Kondisi Tubuh

Jika Anda masih merasa bahwa kerjaan Anda tidak merasa puas, bersiaplah untuk pindah. Persiapkan CV Anda dan mulailah mencari pekerjaan lain. Tapi pastikan Anda memberikan yang terbaik dalam pekerjaan Anda sampai Anda benar-benar pindah. Pergilah selalu dengan meninggalkan hubungan yang baik.

source : buku Personal Power (karangan Dr. Ibrahim Elfiky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *